Aggregate Demand - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Aggregate Demand merupakan istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Aggregate Demand walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Disini kita akan membahas Aggregate Demand yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Aggregate Demand biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Harga, Permintaan dan Elastisitas Permintaan.

Definisi Aggregate Demand

Definisi Menurut Accurate.id

Aggregate demand adalah nilai seluruh permintaan pada seluruh jenis produk barang dan jasa yang dibuat dalam suatu periode tertentu. Nilai permintaan yang terdapat di dalam agregat ini akan dinyatakan dalam wujud nilai keseluruhan yang yang digunakan untuk produk barang dan jasa tersebut hingga level harga yang lebih spesifik dan pada periode waktu tertentu.

Simak penjelasan tentang Aggregate Demand lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Aggregate Demand .

Apa Itu Aggregate Demand ?

Penawaran Agregat (Aggregate Demand) merupakan jumlah atau total permintaan barang dan jasa dalam suatu perekonomian pada tingkat harga tertentu.

Formula Aggregate Demand

AD = Permintaan Agregat

C = Konsumsi

I = Investasi

G = Pembelanjaan Pemerintah

X = Ekspor total

M = Impor total

AD = C + I + G + (X - M)

Cari Istilah Keuangan

×