Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Callable Bond - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mengetahui istilah Callable Bond? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Callable Bond meskipun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang diperoleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Callable Bond biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Obligasi, Perusahaan dan Investasi.

Definisi Callable Bond

Definisi Menurut Investasi

Obligasi opsi beli atau juga dikenal dengan nama callable bond adalah suatu obligasi yang memberikan hak kepada emiten untuk membeli kembali obligasi pada harga tertentu sepanjang umur obligasi yang dapat dilunasi lebih awal oleh penerbit obligasi sebelum masa jatuh tempo obligasi.

Simak penjelasan tentang Callable Bond lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Callable Bond.

Keuntungan Callable Bond

Callable bond memberikan fleksibilitas bagi perusahaan untuk mengurangi atau menghilangkan utangyang dimiliki perusahaan kepada investor setiap saat dan tentunya mengurangi risiko leverage keuangan perusahaan tersebut.

Kekurangan Callable bond

Callable bond sangat berisiko bagi investor daripada obligasi non-callable. Hal ini dikarenakan investor obligasi sering berhadapan dengan reinvestasi uang dengan bunga yang lebih rendah, sehingga kurang menarik. Hal ini mengakibatkan callable bond sering memiliki pengembalian tahunan yang lebih tinggi untuk mengkompensasi risiko tersebut.

Cari Istilah Keuangan

×