Debt Service Ratio - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Debt Service Ratio merupakan istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang finansial. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Debt Service Ratio walaupun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Debt Service Ratio yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Debt Service Ratio biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Instrumen Utang, Biaya dan Ekspor.

Definisi Debt Service Ratio

Definisi Menurut Finansial.bisnis.com

Debt Service Ratio atau DSR berarti jumlah beban pembayaran bunga dan cicilan pokok utang luar negeri jangka panjang yang dibagi dengan jumlah penerimaan ekspor.

Simak penjelasan tentang Debt Service Ratio lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Debt Service Ratio.

Apa itu Debt Service Ratio ?

DSR merupakan rasio utang berdasarkan pendapatan. Rasio kredit sendiri merupakan nilai perbandingan antara pendapatan dan jumlah cicilan serta kredit yang dimiliki orang tersebut. Melalui rasio kredit, bank dapat melihat kemampuan seseorang dalam keuangannya. Para ahli keuangan sendiri menyarankan rasio kredit seseorang lebih baik tidak lebih dari 40% dari total penghasilan. Jumlah tersebut merupakan batasan maksimal seseorang memiliki utang.

Cari Istilah Keuangan

×