Abstraksi Dana Bank - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Abstraksi Dana Bank? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Abstraksi Dana Bank walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Abstraksi Dana Bank biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank, Rekening dan Teller.

Definisi Abstraksi Dana Bank

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pengambilan dana bank secara tidak sah (contoh: penggelapan atau penyalahgunaan otorisasi) dan kas, rekening eskro, rekening trust, atau rekening lain (abstraction of bank funds).

Simak penjelasan tentang Abstraksi Dana Bank lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Abstraksi Dana Bank.

Apa Itu Abstraksi Dana Bank?

Abstraksi Dana Bank adalah penggelapan atau penyalahgunaan dana bank oleh suatu oknum baik di dalam atau di luar bank tersebut. Tindakan abstraksi bank ini termasuk hal yang ilegal. Oleh sebab itu, kasus abstraksi dana bank akan ditindaklanjuti oleh penegak hukum.

Contoh Abstraksi Dana Bank

Contoh abstraksi dana bank misalnya, teller bank menggelapkan dana nasabah bank yang menyetorkan uang lewat dia untuk keperluan pribadinya. Hal tersebut adalah tindakan melanggar hukum dan sangat merugikan bank. Contoh lainnya adalah, tindakan seorang oknum karyawan bank yang melakukan debit atau penarikan dana dari rekening nasabah tanpa izin dan perintah resmi. 

Sedangkan, abstraksi dana bank yang dilakukan di luar oknum pegawai bank juga bisa terjadi. Misalnya, pejabat perusahaan atau publik melakukan penggelapan dana secara ilegal dalam kepercayaan fidusia.

Cari Istilah Keuangan

×