Advis - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Advis? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Advis walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Advis biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank, Jaminan dan Otoritas Jasa Keuangan.

Definisi Advis

Definisi Menurut

"ad·vis"

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"n nasihat"

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Surat pemberitahuan tertulis dari bank kepada nasabah mengenai penerimaan pembayaran, transfer dana, jasa-jasa yang dilakukan atau pembayaran yang dilakukan, misalnya pemberitahuan pengkreditan, pendebitan rekening, penarikan, atau transfer dana (advice)."

Simak penjelasan tentang Advis lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Advis.

Apa Itu Advis?

Advis adalah sebuah surat pemberitahuan tertulis dari pihak bank kepada seorang nasabah mengenai penerimaan pembayaran, transfer dana, jasa-jasa yang telah dilakukan atau pembayaran yang sudah dilakukan. Misalnya, pemberitahuan akan pengkreditan, pendebitan rekening, penarikan dana, atau transfer dana.

Contoh Advis

Advis merupakan bentuk pemberitahuan tertulis dari pihak bank kepada seorang nasabah mengenai jasa-jasa dan pembayaran yang telah dilakukan. Contoh Advis adalah sebagai berikut:

  • Pemberitahuan kredit / debit
  • Pemberitahuan penarikan dana
  • Pemberitahuan transfer dana
  • Pemberitahuan penerimaan pembayaran

Jenis-jenis Advis

Advis dibagi menjadi dua jenis, berikut detail mengenai jenis Advis:

  1. Advis debit: Surat pemberitahuan bank kepada nasabah mengenai adanya pengurangan atau perubahan dana pada rekening beserta alasannya.
  2. Advis kredit: Surat pemberitahuan bank kepada nasabah tentang pengkreditan rekening serta alasannya.

Cari Istilah Keuangan

×