Agen Korporatif - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Agen Korporatif. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Agen Korporatif meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang kita dapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Agen Korporatif biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank, Kliring dan Dividen.

Definisi Agen Korporatif

Definisi Menurut Bank Indonesia

Agen Korporatif adalah corporate agent yaitu bank yang memberikan jasa sebagai agen kepada perusahaan dan/atau lembaga pemerintah; jasa itu dapat berupa kliring, pembayaran dividen atau bunga, penebusan dan pendaftaran saham, serta penagihan pajak; bank akan membebankan biaya atas jasa yang diberikan.

Simak penjelasan tentang Agen Korporatif lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Agen Korporatif.

Apa Itu Agen Korporatif?

Agen korporatif adalah bank yang memberikan atau menyediakan jasa untuk mengatur keuangan suatu perusahaan atau lembaga pemerintahan. Jasa tersebut pada umumnya meliputi pengurusan pajak, kliring, pembayaran dividen atau bunga, penebusan dan pendaftaran saham

Nantinya perusahaan atau lembaga pemerintahan yang memakai jasa bank tersebut akan membayar biaya atas jasa ban tersebut. Bank biasanya sudah menetapkan harga untuk menjadi agen korporatif. Singkat kata, agen korporatif adalah bank yang mengurus keuangan suatu perusahaan atau lembaga pemerintahan. 

Contoh Agen Korporatif

Bank A merupakan salah satu bank terpercaya dengan beragam penawaran jasa keuangan untuk nasabahnya. Mulai dari penerimaan, penyimpanan, hingga peminjaman dana. Bank A memiliki lebih dari 10.000 nasabah, baik perorangan maupun perusahaan atau lembaga pemerintahan. Salah satu kliennya adalah PT. AAA, bank A mengurus rekening kliring, pembayaran dividen, hingga pendaftaran sahamnya. Dengan begitu, Bank A dapat dikategorikan sebagai agen korporatif.

Cari Istilah Keuangan

×