Agen Penjual Efek Reksa Dana - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Agen Penjual Efek Reksa Dana merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Agen Penjual Efek Reksa Dana meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Disini kita akan membahas Agen Penjual Efek Reksa Dana yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Agen Penjual Efek Reksa Dana biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Reksa Dana, Manajer Investasi dan Saham.

Definisi Agen Penjual Efek Reksa Dana

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pihak yang melakukan penjualan Efek Reksa Dana berdasarkan kontrak kerja sama dengan Manajer Investasi pengelola Reksa Dana.

Simak penjelasan tentang Agen Penjual Efek Reksa Dana lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Agen Penjual Efek Reksa Dana.

Apa itu Agen Penjual Reksa Dana?

Secara sederhana dan sesuai dengan namanya, Agen Penjual Reksa Dana atau yang biasa disingkat APERD adalah mereka yang menjual Efek Reksa Dana. Tapi tidak sembarang berjualan, Efek Reksa dana ini harus berdasarkan kontrak kerja sama dengan manajer investasi pengelola reksa dana juga. 

Siapa saja pihak-pihak yang terlibat di dalamnya? Macam-macam, anggota APERD adalah bank umum serta perusahaan sekuritas yang telah terdaftar. Nah, perusahaan-perusahaan tersebut harus bekerja sama dengan Manajer Investasi (MI) untuk memasarkan produk-produk reksa dana. 

Siapa Saja yang Bisa Menjadi Agen Penjual Reksa Dana?

Dengan terbitnya peraturan OJK Nomor 39/POJK.04/2014 Tentang Agen Penjual Efek Reksa Dana, ada keleluasaan dalam pendirian perusahaan APERD. Jika dulu APERD identik dengan bank, melalui peraturan tersebut, perusahaan sekuritas, perusahaan asuransi, perusahaan pos dan giro, perusahaan pegadaian, perusahaan pembiayaan, dana pensiun juga bisa mengajukan izin sebagai Agen Penjual Reksa Dana. 

Peraturan tersebut juga memberikan badan usaha lain untuk menjadi APERD dan tidak hanya terbatas pada bank saja. Seiring dengan perkembangan pesat pada teknologi informasi dan relaksasi aturan dari OJK tentang Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer – KYC), proses pembukaan rekening bisa dilakukan secara elektronik semakin memudahkan proses pemasaran. 

Dengan adanya sentuhan teknologi dan kerjasama dengan perusahaan e-commerce, minimum investasi juga semakin rendah. Beberapa perusahaan bahkan sudah menetapkan minimum pembelian yang dimulai dari Rp10.000.

Cara Kerja Agen Penjual Reksa Dana

Sebelum melakukan kegiatan penjualan reksa dana, Agen Penjual Efek Reksa Dana (kecuali perusahaan efek atau sekuritas), wajib terlebih dahulu memperoleh surat tanda terdaftar sebagai agen penjual efek reksa dana dari OJK.

Mereka yang bekerja pada bank umum atau perusahaan efek yang memasarkan produk reksa dana, wajib lulus ujian sertifikasi Wakil Agen penjual Efek Reksa Dana terlebih dahulu.

Cari Istilah Keuangan

×