Agio - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Agio. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Agio walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang didapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Agio biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Agio Saham, Disagio dan Saham.

Definisi Agio

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Selisih lebih antara hasil penjualan saham pada waktu emisi dan nilai nominalnya.”

Simak penjelasan tentang Agio lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Agio.

Apa itu Agio?

Agio adalah kekayaan bersih perusahaan yang diperoleh dari penilaian atau penjualan saham di atas nilai nominalnya. Nilai agio saham diambil dari selisih harga jual dan harga beli suatu saham. Singkatnya, agio saham adalah selisih lebih setoran pemegang saham di atas nilai nominalnya.

Istilah Agio bukanlah istilah yang populer di kalangan para investor karena tidak berkaitan langsung dengan kepentingan investor. Nilai agio saham sendiri sangat terkait dengan kesepakatan pendiri saat perusahaan resmi didirikan.

Definisi Agio

Definisi dari agio adalah timbul jika saham ditempatkan dengan kurs di atas 100% atau di atas nilai nominalnya. Perkiraan atau akun agio saham dikredit sejumlah selisih antara harga kurs dengan nilai nominalnya (harga kurs > nilai nominal). Pada akhir periode akuntansi pada saat melakukan penyusunan laporan keuangan, saldo perkiraan agio dibutuhkan untuk menambah modal pemegang saham.

Agio sendiri merupakan istilah dalam dunia keuangan yang memiliki 3 macam definisi, yaitu:

  • Selisih lebih yang diperoleh dan pertukaran uang logam emas atau perak dengan uang kertas dalam valuta dan nilai nominal yang sama. Istilah ini lazim dipakai di perbankan Eropa.
  • Selisih lebih antara nilai yang sebenarnya dengan nilai nominal atau nilai tukar, baik untuk instrumen efek maupun mata uang asing. Agio juga dipakai sebagai istilah penyusutan nilai mata uang logam karena aus.
  • Selisih lebih setoran modal yang diterima oleh bank pada saat penerbitan saham karena harga pasar saham lebih tinggi daripada nilai nominal.

Cari Istilah Keuangan

×