Agio Saham - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Agio Saham. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Agio Saham walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Agio Saham yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Agio Saham biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Saham, Nilai Nominal dan Nilai Buku.

Definisi Agio Saham

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Agio Saham adalah APIC (additional paid in capital), yaitu kekayaan bersih perusahaan yang berasal dari penilaian atau penjualan saham di atas harga / nilai pari."

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Kekayaan bersih perusahaan yang berasal dari penilaian atau penjualan saham di atas harga pari (par) (paid in surplus)."

Simak penjelasan tentang Agio Saham lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Agio Saham.

Apa Itu Agio Saham?

Agio saham merupakan selisih nilai antara harga jual saham dengan harga nominal saham. Nilai inilah yang menjadi total kekayaan bersih suatu perusahaan dari hasil penjualan saham di atas nominalnya. Secara sederhana, Agio Saham merupakan selisih setoran saham oleh pemegang saham terhadap nilai pari.

Contohnya, per lembar saham perusahaan A dijual dengan harga Rp10.000, sedangkan harga pari (nilai nominal) saham tersebut Rp7.000 per lembar, maka Agio Saham adalah selisih lebihnya. Selisihnya adalah Rp10.000 - Rp7.000 = Rp3.000 per lembar. Jadi, Agio Saham perusahaan tersebut adalah Rp3.000. Nilai Agio Saham ini akan muncul pada laporan keuangan perusahaan nantinya.

Ilustrasi Agio Saham

Ada 5 orang yang bersepakat mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT). Ke-5 orang tersebut adalah Andi, Bani, Carla, Dani, dan Eni. Masing-masing dari mereka menyetorkan modal masing-masing Rp10 miliar. Jadi, perusahaan tersebut punya total modal Rp50 miliar.

Berdasarkan kesepakatan bersama, mereka menghargai satu lembar saham perusahaan senilai Rp2.000. Maka masing-masing dari mereka memiliki saham Rp10 miliar : Rp2.000 = 5 juta lembar saham.

Setelah berjalan, akhirnya perusahaan tersebut memutuskan menjual sahamnya ke publik dengan harga Rp5.000 per lembar. Maka, Agio Saham perusahaan tersebut adalah Rp5.000 - Rp3.000 = Rp2.000.  

Cari Istilah Keuangan

×