Akad Trust - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Akad Trust merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Akad Trust meskipun mungkin kita pernah memakainya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang diperoleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Akad Trust biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Akun Trust, Bisnis dan Impor.

Definisi Akad Trust

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Perjanjian tertulis yang digunakan dalam pembiayaan kredit berdokumen yang diberikan kepada pembeli atau importir; pembeli berjanji untuk memegang barang yang diterima atas nama bank yang menyediakan pembiayaan sekalipun bank tetap menguasai kepemilikan barang tersebut; penerima fasilitas trust mengizinkan seorang importir menjual barang tersebut sebelum dibayar kepada bank penerbit L/C (trust receipt)

Simak penjelasan tentang Akad Trust lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Akad Trust.

Apa itu Akad Trust?

Secara umum, akad trust merupakan fasilitas kredit modal kerja yang diberikan kepada debitur importir untuk pembayaran atau pelunasan L/C Sight atau SKBDN (Surat Berdokumen Dalam Negeri) atas unjuk yang diterbitkan melalui lembaga perbankan dengan sumber dana dari lembaga perbankan tersebut. 

Ciri-ciri Akad Trust

Ada beberapa unsur yang mencirikan akad trust, antara lain adalah: 

  1. Jenis Transaksinya Import/lokal 
  2. Jenis fasilitas Short Term Cash Loan
  3. Struktur fasilitasnya L/ C atau SKBDN Sub Limit T/ R
  4. Mata Uang umumnya USD atau IDR
  5. Penggunaan Dana untuk pelunasan L/C Sight atau SKBDN
  6. Sarana Pencairannya Promes
  7. Besar pencairan dana maksimal 100 % dari L/ C atau SKBDN

Cara Kerja Akad Trust

Dalam menjalankan bisnis perdagangan, perusahaan membeli barang untuk inventaris mereka dari vendor atau grosir untuk dijual kembali ke konsumen atau untuk memproduksi barang. Barang-barang ini dapat dibeli secara lokal atau diimpor dari perusahaan lain. Ketika perusahaan-perusahaan ini menerima barang dagangan, mereka juga ditagih oleh penjual atau eksportir untuk barang yang dibeli. Jika perusahaan tidak memiliki uang tunai yang diperlukan untuk menyelesaikan tagihan, perusahaan dapat memperoleh pembiayaan dari bank melalui akad trust. 

Fungsi Akad Trust

Akad trust berfungsi sebagai nota janji kepada bank bahwa jumlah pinjaman akan dibayar kembali setelah penjualan barang. Bank membayar eksportir pada ujungnya atau mengeluarkan penjual (atau bank penjual) surat jaminan pembayaran kredit untuk barang dagangan. Pemberi pinjaman, bagaimanapun, mempertahankan judul barang dagangan sebagai jaminan. Pelanggan atau peminjam diharuskan untuk memisahkan barang dari persediaan lainnya dan, pada dasarnya, memegang dan menjual barang sebagai wali amanat untuk bank.

Cari Istilah Keuangan

×