Aksep Bank - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Aksep Bank? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Aksep Bank walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang didapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Aksep Bank biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank, Rekening dan Akseptasi.

Definisi Aksep Bank

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Wesel yang diakseptasi oleh bank; (bank acceptance).

Simak penjelasan tentang Aksep Bank lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Aksep Bank.

Apa itu Aksep Bank?

Aksep Bank adalah bentuk pembayaran yang dijamin oleh bank daripada pemegang rekening individu. Umumnya aksep bank digunakan oleh perusahaan sebagai bentuk pembayaran yang relatif aman untuk transaksi besar. Aksep bank juga termasuk dalam instrumen utang jangka pendek. 

Cara Kerja Aksep Bank

Aksep Bank sebagai cek mengharuskan bank untuk membayar sejumlah uang kepada pemegang kartu pada tanggal yang ditentukan. Biasanya, diterbitkan 90 hari sebelum tanggal jatuh tempo tetapi dapat jatuh tempo pada satu tanggal kemudian dari satu hingga 180 hari.

Sementara Aksep Bank sebagai investasi biasanya diperdagangkan oleh Bank dan investor institusi di pasar sekunder sebelum jatuh tempo. Strateginya mirip dengan yang digunakan dalam perdagangan obligasi tanpa kupon. Aksep Bank dijual di bawah nilai nominal, dengan diskon yang ditentukan oleh lamanya waktu sebelum tanggal jatuh tempo.

Cari Istilah Keuangan

×