Aksi Pengurangan Produktivitas - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Aksi Pengurangan Produktivitas. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Aksi Pengurangan Produktivitas walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang diperoleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Aksi Pengurangan Produktivitas biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Perusahaan, Birokrasi dan Bisnis.

Definisi Aksi Pengurangan Produktivitas

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Aksi yang dilakukan oleh pekerja secara perseorangan atau bersama dengan melakukan pengurangan atau penurunan produktivitas yang dilakukan secara sengaja; aksi ini ditujukan untuk memperkuat suatu tuntutan kepada perusahaan (labour slowdown).

Simak penjelasan tentang Aksi Pengurangan Produktivitas lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Aksi Pengurangan Produktivitas.

Apa Itu Aksi Pengurangan Produktivitas?

Aksi pengurangan produktivitas adalah aksi yang dilakukan oleh pekerja atau karyawan, baik secara perorangan maupun kelompok untuk mengurangi jumlah produktivitas secara sengaja. Tujuannya untuk menguatkan suatu tuntutan ke perusahaan tempat mereka bekerja. Aksi pengurangan produktivitas banyak dijumpai di Indonesia. Hal ini bisa terlihat dari berita di TV Nasional atau media-media online terkait aksi ini.

Contoh Aksi Pengurangan Produktivitas

Contoh aksi pengurangan produktivitas misalnya demo buruh sepatu menuntut gaji mereka yang belum dibayar selama 3 (tiga bulan). Para buruh ini lalu melakukan aksi bersama untuk menurunkan jumlah produksi sepatu yang tadinya 300 pasang per bulan menjadi 100 pasang per bulan.

Cari Istilah Keuangan

×