Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Akuisisi - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Akuisisi merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Akuisisi meskipun mungkin kita pernah memakainya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Akuisisi biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Ekspansi Ekonomi, Bisnis dan Globalisasi.

Definisi Akuisisi

Definisi Menurut

“Pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset (dalam industri perbankan terjadi apabila pembelian saham di atas 50%); pengambilalihan kepemilikan perusahaan atau aset.”

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"/aku·i·si·si/"

Definisi Menurut Bank Indonesia

“Pengambilalihan sebagian besar (lebih dan 50%) atau seluruh kepemilikan suatu bank (acquisition).”

Simak penjelasan tentang Akuisisi lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Akuisisi.

Apa itu Akuisisi?

Akuisisi adalah sebagai perusahaan yang memegang perusahaan lainnya dengan motif ekonomi didalamnya. Alasannya dilakukan akuisisi adalah untuk mempercepat perkembangan unit perusahaan tanpa harus berkembang dari awal atau disebut juga sebagai inorganic growth.

Tujuan Akuisisi

Pastinya ada tujuan sendiri kenapa perusahan-perusahaan bisa diakuisisi oleh perusahaan lain. Berikut ini tujuan dari akuisisi bagi perusahaan-perusahaan berkembang.

  • Menambah sinergi perusahaan

Pada umumnya akuisisi dilakukan untuk keuntungan dan nilai perusahaan yang akan naik karena perusahaan yang mengakuisisi.

  • Memperluas pasar

Dengan cara memperluas pasar yang dijamahnya perusahaan akan berkembang. Tujuan dari akuisisi juga adalah agar pihak yang diakuisisi dapat menjadi perluasan pasar milik pihak yang mengakuisisi, baik di pasar jenis produk yang sama maupun berbeda.

  • Melindungi pasar

Persaingan bisnis yang cukup ketat menjadi salah satu alasan dilakukannya akuisisi. Ketika sebuah perusahaan ingin memperkuat posisi pada pasar tertentu, mengakuisisi perusahaan pesaing dianggap dapat melindungi market yang ingin dikuasai.

Pengambilalihan perusahaan lain yang bergerak di bisnis yang sama pada akhirnya untuk memperkuat bisnis inti (core bussines) suatu perusahaan sehingga menjadi lebih kuat dan besar.

Manfaat Akuisisi

Menurut Bradley T Shapiro, manfaat akuisisi adalah seperti berikut:

  1. Perusahaan akan mengalami tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dalam bisnis sekarang ketimbang melakukan pertumbuhan secara internal.
  2. Perusahaan pengakuisisi dapat mengurangi persaingan bisnis dengan membeli beberapa badan usaha guna menggabungkan kekuatan pasar dan pembatasan persaingan.
  3. Perusahaan pengakuisisi dapat memasuki pasar baru penjualan dan pemasaran sekarang yang selama ini belum dapat ditembus.
  4. Adanya peningkatan managerial skill, yaitu bantuan manajerial mengelola aset-aset badan usaha.

Cari Istilah Keuangan

×