Akun Antarbank Pasiva - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Akun Antarbank Pasiva. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Akun Antarbank Pasiva walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Akun Antarbank Pasiva yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Akun Antarbank Pasiva biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bisnis, Pembukuan dan Piutang.

Definisi Akun Antarbank Pasiva

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Jumlah kewajiban suatu bank kepada bank lain yang setiap dapat ditarik; misal: akun antarbank aktiva (due to account), akun ini hanya dikenal di Amerika Serikat (due to account).

Simak penjelasan tentang Akun Antarbank Pasiva lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Akun Antarbank Pasiva.

Apa Itu Akun Antarbank Pasiva?

Akun antarbank pasiva adalah akun kewajiban yang biasanya ditemukan dalam buku besar yang menunjukkan jumlah dana yang harus dibayarkan kepada pihak lain. Dana dapat jatuh tempo atau mendekati tanggal jatuh tempo. Akun antarbank pasiva digunakan bersamaan dengan akun antarbank aktiva untuk melihat dari akun mana uang akan datang, dan kemana akan pergi.

Buku besar adalah sumber yang berisi semua akun keuangan suatu perusahaan. Dengan isi akun debit dan kredit, dan juga akun antarbank pasiva dan akun antarbank aktiva. Akun antarbank pasiva juga terkadang disebut akun hutang. Jika suatu bisnis menerima barang atau jasa dari pihak luar dan barang-barang tersebut tidak segera dibayar, maka perusahaan akan membuat akun antarbank pasiva pada pembukuannya untuk menyisihkan dana untuk membayar vendor.

Cari Istilah Keuangan

×