Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Akun Kas - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Akun Kas. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Akun Kas walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan singkat yang diperoleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Akun Kas biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Kas, Akuntansi dan Pembukuan.

Definisi Akun Kas

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Akun yang berisi perincian jumlah uang kas yang masuk ataupun yang keluar; pencatatan ini akan menunjukkan sisa uang kas yang harus ada (cash account).

Simak penjelasan tentang Akun Kas lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Akun Kas.

Apa Itu Akun Kas?

Akun kas adalah akun yang berfungsi untuk mencatat perubahan uang seperti penerimaan uang atau pengeluaran kas. Akun yang berkaitan dengan dengan tunai atau uang dan yang setara dengan itu termasuk akun kas, seperti cek, giro, dan lain sebagainya yang dapat digunakan sesuai dengan fungsi uang. Adapun yang tidak termasuk sebagai akun kas yaitu deposito berjangka. Akun kas dianggap sebagai pembukuan khusus karena dampaknya terhadap akuntansi. Akun kas biasanya digunakan sebagai buku entri utama serta buku besar dalam akuntansi. 

Kriteria Akun Kas

Akun kas memiliki dua kriteria, yaitu:

  1. Tersedia; kas harus ada dan dimiliki serta dapat digunakan sehari-hari sebagai alat pembayaran untuk kepentingan perusahaan.
  2. Bebas; setiap item diklasifikasikan sebagai kas, jika diterima umum sebagai alat pembayaran sebesar nilai nominalnya.

Cari Istilah Keuangan

×