Akun Pihak Ketiga - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Akun Pihak Ketiga? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Akun Pihak Ketiga meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang diperoleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Akun Pihak Ketiga biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Valuta Asing, Rekening dan Giro.

Definisi Akun Pihak Ketiga

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Akun pada bank asing dalam valuta asing atas nama nasabah bank tersebut (loro account).

Simak penjelasan tentang Akun Pihak Ketiga lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Akun Pihak Ketiga.

Apa Itu Akun Pihak Ketiga?

Dalam pertukaran mata uang asing, ada tiga akun rekening yang digunakan untuk transaksi mata uang asing. Akun pihak ketiga atau yang biasa disebut sebagai rekening loro adalah rekening dimana bank mengirimkan dana valuta asing ke bank lain untuk kredit ke rekening bank ketiga, atau yang biasa disebut sebagai "milik mereka". Praktik ini jarang digunakan, biasanya hanya digunakan jika ada pembiayaan sindikasi yang kompleks.

Rekening Nostro dan Vostro

Dalam transaksi antar bank, mata uang asing ditransfer dari satu akun ke akun lain dan dari satu pusat ke pusat lain. Maka dari itu, bank mengawasi tiga jenis rekening giro untuk memfasilitasi transfer dana cepat dalam mata uang yang berbeda. Akun-akun ini adalah Nostro, Vostro, dan Loro, berikut penjelasan mengenai rekening nostro dan vostro.

Rekening Nostro adalah rekening mata uang asing yang dimiliki oleh suatu bank pada bank korespondensinya di luar negeri dalam mata uang lokal negara tersebut. Rekening nostro juga seringkali disebut sebagai "milik kami".

Rekening Vostro adalah kebalikan dari rekening nostro, yaitu bank korespondensi luar negeri ke suatu bank dalam negeri, atau yang seringkali disebut sebagai "milik Anda".

Cari Istilah Keuangan

×