Akun Terbatas - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Akun Terbatas. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Akun Terbatas meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Akun Terbatas yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Akun Terbatas biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Akun Bukan Perseorangan, Perusahaan dan Jaminan.

Definisi Akun Terbatas

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Akun yang hak penarikannya terbatas, misalnya akun yang diblokir (restrictive assets).

Simak penjelasan tentang Akun Terbatas lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Akun Terbatas.

Apa Itu Akun Terbatas?

Akun terbatas adalah akun yang biasanya berisi uang tunai atau item lain dari nilai moneter yang disisihkan untuk tujuan tertentu, biasanya untuk memenuhi persyaratan sebuah peraturan atau kontrak. Akun terbatas tunduk pada prosedur akuntansi khusus, maka biasanya dipisahkan dari akun lain untuk menandai penggambaran yang jelas atas penggunaannya. Perusahaan swasta, organisasi nirlaba, dan badan pemerintah semuanya bertransaksi dengan berbagai bentuk akun terbatas.

Akun terbatas dalam sebuah perusahaan dapat berupa jaminan untuk pinjaman. Perusahaan harus menjaga nilai akun terbatas tersebut untuk mendukung pinjamannya, dan jika perusahaan ingin menjual aset, ia harus mendapatkan persetujuan dari kreditur dan menggantinya dengan aset lain untuk menjaminkan pinjaman. Kas dan investasi terbatas yang dipegang oleh perusahaan sekuritas dan pertukaran perdagangan dan kliring untuk tujuan pengaturan adalah umum di sektor keuangan.

Cari Istilah Keuangan

×