Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Akuntansi - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Akuntansi merupakan istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang keuangan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Akuntansi meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Akuntansi yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Akuntansi biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Akuntan, Uang dan Harta.

Definisi Akuntansi

Definisi Menurut

"Teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya."

Definisi Menurut

"Hal yang berhubungan dengan akuntan."

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi."

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan perakunan, baik teori maupun kebiasaan-kebiasaan, norma, prinsip-prinsip, dan sebagainya (accountancy) akur perdamaian yang telah disepakati, baik oleh pihak yang menanggung kerugian maupun pihak yang menyebabkan kerugian; kesepakatan ini biasanya dilakukan di depan hakim sehingga tidak akan menjadi masalah pada kemudian hari (accord)."

Simak penjelasan tentang Akuntansi lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Akuntansi.

Apa itu Akuntansi?

Akuntansi adalah teori dan praktik yang berkaitan dengan perhitungan uang. Dalam ilmu ekonomi, akuntansi digunakan untuk mencatat dan menganalisa transaksi keuangan dalam bisnis. Mulai dari pengeluaran per hari, per bulan, dan juga per tahun. Dengan ilmu akuntansi kita juga bisa menentukan apakah sebuah bisnis tersebut memiliki untung atau rugi.

Fungsi Akuntansi?

Pada dasarnya, akuntansi berfungsi untuk memberikan laporan keuangan dalam suatu badan usaha. Bagaimana laporan keuangan tersebut dibuat? Dengan menganalisis komponen-komponen pada akuntansi. Setelah proses analisa, laporan keuangan dibuat dengan cara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Laporan keuangan ini sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan oleh manajemen terkait masa depan badan usahanya.

Komponen Akuntansi

Dalam membuat laporan keuangan berdasarkan perhitungan akuntansi, ada 5 komponen yang harus dianalisa. Komponen-komponen ini sangat memengaruhi hasil dari laporan keungan tersebut.

  1. Harta. Komponen pertama dari akuntansi adalah harta atau biasa dikenal dengan istilah asset. Dalam pembuatan laporan keuangan, akan dihitung berapa aset suatu badan usaha. Biasanya, sebuah badan usaha memiliki nilai aset yang bervariasi dan bisa berbentuk uang maupun barang. Tergantung badan usaha yang dimilikinya. Misalnya, sebuah perusahan tekstil memiliki aset berupa beberapa mesin jahit dan bahan kain untuk membuat kemeja.
  2. Kewajiban. Dalam komponen akuntansi, yang dimaksud dengan kewajiban adalah hal-hal yang wajib perusahaan atau badan usaha keluarkan dalam periode tertentu. Misalnya, utang atau pinjaman ke bank yang harus dibayarkan per bulan.
  3. Ekuitas. Selain, harta yang tidak bergerak, bisanya suatu perusahaan memiliki harta bergerak yang disebut juga ekuitas. Pada, dasarnya, ekuitas merupakan nilai investasi sebuah perusahaan.
  4. Pendapatan. Komponen ini berisi keseluruhan pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan atau badan usaha dalam kurun waktu tertentu.
  5. Pengeluaran. Komponen ini berisi seluruh tagihan atau biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan atau badan usaha dalam kurun waktu tertentu.

Cari Istilah Keuangan

×