Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Algoritma - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mempelajari istilah Algoritma? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Algoritma walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang kita dapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Algoritma biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Akuntansi, Analisis Kredit dan Analisis Kecenderungan.

Definisi Algoritma

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Alur pemikiran untuk pemecahan masalah yang terdiri atas sejumlah langkah matematis, misalnya program perhitungan komputer untuk menghitung tingkat bunga kredit, model keuangan seperti alma, transfer pricing dan pengamanan data (algorithm).

Simak penjelasan tentang Algoritma lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Algoritma.

Apa itu Algoritma?

Algoritma adalah proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer. Dengan kata lain, semua susunan logis yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah.

Sebagian besar algoritma dimaksudkan untuk diimplementasikan sebagai program komputer. Perusahaan keuangan menggunakan algoritma di berbagai bidang seperti penetapan harga pinjaman, perdagangan saham, dan manajemen liabilitas aset. 

Perdagangan menggunakan algoritma juga dikenal sebagai perdagangan otomatis, karena menggunakan program komputer untuk membeli dan menjual sekuritas dengan kecepatan yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Hal itu terjadi karena harga saham, obligasi, dan komoditas muncul dalam berbagai format online dan dalam data perdagangan, maka dari itu proses algoritma digunakan untuk mencerna data menjadi semakin mudah.

Jenis-jenis Algoritma

1. Algoritma Sekuensial

Algoritma sekuensial merupakan algoritma yang langkah-langkahnya secara urut dari awal hingga akhir. Langkah demi langkah yang dijalankan harus urut dari atas sampai bawah.

2. Algoritma Perulangan

Algoritma perulangan merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang atau looping. Pada masalah yang dihadapi, ada pula sebuah langkah yang harus dilakukan secara berulang-ulang.

3. Algoritma Percabangan atau Bersyarat

Algoritma bersyarat merupakan algoritma yang menjalankan langkah berikutnya apabila terdapat syarat yang sudah dapat dipenuhi.

Cari Istilah Keuangan

×