Angkatan Kerja - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Angkatan Kerja. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Angkatan Kerja meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Angkatan Kerja yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Angkatan Kerja biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Globalisasi, Bank dan Waralaba.

Definisi Angkatan Kerja

Definisi Menurut

"ang.kat.an kerja"

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Penduduk yang berada dalam usia kerja, baik mereka yang sedang bekerja maupun yang sedang mencari pekerjaan."

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Semua orang yang telah mencapai umur tertentu dan mempunyai kesanggupan bekerja, baik yang sudah bekerja maupun yang sedang mencari pekerjaan (labour force)."

Simak penjelasan tentang Angkatan Kerja lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Angkatan Kerja.

Apa Itu Angkatan Kerja?

Angkatan kerja adalah sebutan untuk penduduk dengan rentang usia produktif atau usia kerja yang sedang bekerja maupun sedang dalam proses mencari pekerjaan. Usia produktif adalah tingkatan usia suatu penduduk yang sudah dapat bekerja dan memperoleh pendapatannya sendiri. Usia yang termasuk ke dalam usia produktif adalah usia 15 tahun hingga 65 tahun, hal ini berdasarkan dengan ketentuan pemerintah Indonesia. Untuk penduduk dengan usia produktif yang tidak memiliki atau memilih untuk tidak bekerja disebut sebagai bukan Angkatan Kerja.

Contoh Angkatan Kerja

Angkatan kerja adalah penduduk berusia produktif yaitu 15 - 65 tahun yang aktif melakukan kegiatan ekonomi. Berikut contoh angkatan kerja. Adi adalah seorang penduduk berjenis kelamin laki-laki yang memiliki usia 24 tahun. Beliau bekerja pada sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Orang seperti Adi inilah yang disebut sebagai Angkatan Kerja.

Jenis Angkatan Kerja

Angkatan kerja dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  1. Bukan Angkatan Kerja. Penduduk dengan usia produktif yang tidak bersedia bekerja atau belum bekerja. Contoh: pelajar dan mahasiswa yang masih menjalankan studi, ibu rumah tangga, maupun pensiunan.
  2. Angkatan Kerja. Penduduk dengan usia produktif yang sudah mempunyai pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan.

Jenis Angkatan Kerja Berdasarkan Pekerjaannya

  1. Pekerja Penuh. Angkatan kerja pekerja penuh adalah seseorang yang memiliki pekerjaan dengan jam kerja sekitar 8-10 jam per hari. Angkatan kerja yang termasuk golongan bekerja adalah mereka yang selama satu minggu melakukan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan.
  2. Setengah Menganggur. Angkatan kerja setengah menganggur adalah pekerja yang menggunakan waktu kerjanya yang kurang dapat ditinjau dari segi produktivitas, jam kerja dan juga pendapatan.
  3. Pengangguran. Angkatan kerja pengangguran adalah seseorang yang termasuk ke dalam kategori angkatan kerja dari segi usia produktif, tetapi mereka tidak mempunyai sebuah pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan.

Cari Istilah Keuangan

×