Anjuran - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mempelajari istilah Anjuran? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Anjuran meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Anjuran yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Anjuran biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Kebijakan Moneter, Bank Sentral dan Bank Indonesia.

Definisi Anjuran

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Anjuran / an·jur·an / n yang dianjurkan; usul; saran; nasihat; ajakan:~ orang tuanya dilaksanakannya dengan baik;

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Permintaan secara informal oleh pejabat bank sentral dan/atau pejabat lembaga pemerintah untuk meyakinkan para bankir agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam rangka pengendalian moneter; permintaan tersebut dapat dilakukan melalui telepon, atau siaran pers, seperti imbauan kepada bank untuk menurunkan suku bunga pinjaman kredit pemilikan rumah sehingga lebih banyak masyarakat menengah yang dapat membeli rumah (moral suasion).

Simak penjelasan tentang Anjuran lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Anjuran.

Apa Itu Anjuran?

Umumnya, anjuran digunakan untuk meyakinkan pihak lain untuk mengubah sikap atau perilaku mereka. Namun, dalam konteks ekonomi biasanya mengacu pada kebijakan dorong moral yang merupakan kebijakan yang dilakukan oleh Bank Sentral (di Indonesia adalah Bank Indonesia), baik secara tulisan ataupun ajakan untuk tidak melakukan suatu tindakan tertentu. Anjuran biasanya dilakukan ketika ada hal-hal yang dianggap negatif atau tidak memberi perubahan baik pada perekonomian negara.

Cari Istilah Keuangan

×