Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Anuitas Sederhana - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Anuitas Sederhana merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Anuitas Sederhana meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Anuitas Sederhana yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Anuitas Sederhana biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Anuitas, Jatuh Tempo dan Angsuran Tetap.

Definisi Anuitas Sederhana

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Anuitas dengan jangka waktu bunga atau premi yang bertepatan dengan jangka waktu pembayaran berkala (simple annuity; ordinary annuity).

Simak penjelasan tentang Anuitas Sederhana lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Anuitas Sederhana.

Apa Itu Anuitas Sederhana?

Anuitas sederhana adalah serangkaian pembayaran yang sama yang dilakukan pada akhir periode berturut-turut selama jangka waktu yang tetap. Sementara pembayaran dalam anuitas dapat dilakukan sesering setiap minggu, dalam praktiknya, pembayaran anuitas biasa dilakukan setiap bulan, triwulanan, setengah tahunan atau tahunan. Beberapa contoh pembayaran anuitas sederhana yaitu pembayaran bunga setengah tahunan untuk obligasi, atau pembayaran dividen triwulan atau tahunan. Kebalikan dari anuitas sederhana adalah anuitas jatuh tempo, yaitu ketika pembayaran dilakukan pada awal setiap periode.

Karakteristik Anuitas Sederhana

  • Semua pembayaran dalam jumlah yang sama (seperti serangkaian pembayaran sebesar Rp1.000.000).
  • Semua pembayaran dilakukan pada interval waktu yang sama (seperti sebulan sekali atau kuartal, selama periode satu tahun).
  • Semua pembayaran dilakukan pada akhir setiap periode (seperti pembayaran hanya dilakukan pada hari terakhir bulan itu).

Cari Istilah Keuangan

×