Anuitas Tak-Terduga - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Anuitas Tak-Terduga. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Anuitas Tak-Terduga walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Anuitas Tak-Terduga yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Anuitas Tak-Terduga biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Anuitas, Pajak dan Bunga.

Definisi Anuitas Tak-Terduga

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Pembayaran tahunan yang frekuensi atau jangka waktu pembayarannya dilakukan apabila terjadi peristiwa yang tidak pasti (contingent annuity) anuitas tertangguh anuitas dengan pembayaran yang akan dimulai pada waktu tertentu pada masa yang akan datang (deferred annuity).

Simak penjelasan tentang Anuitas Tak-Terduga lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Anuitas Tak-Terduga.

Apa Itu Anuitas Tak-Terduga?

Anuitas tak-terduga adalah jenis kontrak anuitas yang menunda pembayaran pendapatan, angsuran atau pembayaran lump sum sampai investor memilih untuk menerimanya. Jenis anuitas ini memiliki dua fase utama: fase tabungan, yaitu ketika investor menginvestasikan uang ke dalam akun, dan fase pendapatan, yaitu ketika dana dicairkan dan dibayarkan kepada investor. Anuitas tak-terduga dapat bervariasi atau diperbaiki.

Anuitas tak-terduga biasanya berupa kontrak antara individu dan perusahaan asuransi di mana dana ditukar dengan janji untuk memberikan tingkat bunga yang kompetitif dengan jaminan tingkat bunga minimum. Kontrak juga menjamin investasi pokok. Karena anuitas diklasifikasikan sebagai instrumen pensiun yang tidak memenuhi syarat, mereka menerima manfaat pajak dalam bentuk penangguhan pajak atas pendapatan. Penghasilan dikenakan pajak sebagai pendapatan biasa pada saat penarikan anuitas. Hal ini memungkinkan investor untuk tetap mengendalikan uang dan membiarkan opsinya tetap terbuka, dibanding harus menyerahkan segalanya kepada perusahaan asuransi dengan imbalan pembayaran seumur hidup.

Cari Istilah Keuangan

×