Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Aplikasi Buku Cek - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Aplikasi Buku Cek merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Aplikasi Buku Cek walaupun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Aplikasi Buku Cek yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Aplikasi Buku Cek biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Cek, Aplikasi dan Bank.

Definisi Aplikasi Buku Cek

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Formulir yang harus diisi dan ditandatangani oleh pemegang akun untuk memperoleh buku cek baru dari bank (application for cheque book).

Simak penjelasan tentang Aplikasi Buku Cek lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Aplikasi Buku Cek.

Apa itu Aplikasi Buku Cek?

Aplikasi Buku Cek atau yang bisa disebut application for cheque book yaitu formulir yang harus diisi dan ditandatangani oleh pemegang akun untuk memperoleh buku cek baru dari bank

Cara Membuat Buku Cek

Seperti yang diketahui, cek adalah surat warkat yang berisi perintah tak bersyarat dari nasabah bank agar bank tersebut membayarkan sejumlah uang yang tertera pada surat itu kepada orang atau pembawanya. Jadi, bisa dibilang kalau cek adalah surat berharga yang punya fungsi seperti uang. 

Untuk membuat cek, nasabah harus membuka rekening giro pada bank yang bersangkutan ada beberapa syarat formal yang harus dipenuhi, seperti: 

  1. Nama Cek harus termuat dalam teks.
  2. Perintah tidak bersyarat untuk membayar sejumlah uang tertentu.
  3. Nama pihak yang harus membayar (tertarik).
  4. Penunjukan tempat di mana pembayaran harus dilakukan.
  5. Pernyataan tanggal serta tempat Cek ditarik.
  6. Tanda tangan orang yang mengeluarkan Cek (penarik).

Fungsi Aplikasi Buku Cek

Seperti aplikasi yang diajukan kepada bank lainnya, Aplikasi Buku Cek berfungsi pun berfungsi untuk menghimpun data-data nasabah yang mengajukannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui data pribadi seperti nomor yang bisa dihubungi, alamat kantor atau tempat tinggal, selain itu, berguna juga untuk mengetahui kebutuhan nasabah.

Cari Istilah Keuangan

×