Aset Tidur - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Aset Tidur merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Aset Tidur meskipun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Aset Tidur yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Aset Tidur biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Aset Luwes, Perusahaan dan Aktiva Tetap.

Definisi Aset Tidur

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Aset yang tidak produktif dalam operasional sehari-hari karena pemakaiannya insidental, misalnya mesin pembangkit listrik (genset) yang hanya digunakan pada saat listrik padam; selama mesin tersebut tidak dipakai, aset itu disebut aset tidur (dead asset).

Simak penjelasan tentang Aset Tidur lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Aset Tidur.

Apa Itu Aset Tidur?

Aset tidur adalah aset milik seseorang atau perusahaan yang penggunaannya hanya dalam waktu atau kesempatan tertentu saja.  Artinya, aset tidur hanya digunakan dalam suatu peristiwa di mana aset tersebut dibutuhkan. Ini karena aset tersebut tidak dibutuhkan fungsinya pada setiap waktu. 

Untuk lebih mudahnya, kita bisa ambil contoh genset. Genset merupakan contoh dari aset tidur. Penggunaan genset hanya dapat digunakan saat mati lampu atau listrik padam. Saat listrik padam, tidak ada aliran listrik yang mengalir untuk menghidupkan lampu atau barang elektronik lainnya. Fungsi genset di momen ini sangat dibutuhkan sebagai alat subtitusi untuk membangkitkan listrik.

Contoh Aset Tidur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aset tidur tidak akan digunakan (tidur) saat tidak dibutuhkan dan digunakan (bangun) saat dibutuhkan. Ini karena fungsi dari aset tidur hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu saja. Untuk itu, ini ada beberapa contoh aset tidur.

  • Genset

Fungsi genset hanya dibutuhkan saat terjadi pemadaman listrik. Di saat lain, fungsi genset tidak dibutuhkan. 

  • Payung dan Jas Hujan

Payung dan jas hujan hanya dibutuhkan saat hujan turun. Fungsinya untuk melindungi tubuh agar tidak kebasahan terkena hujan. Aneh rasanya kalau payung dan jas hujan digunakan saat tidak hujan, kecuali payung yang bisa digunakan saat terik panas. Ini karena payung memiliki fungsi lain. 

  • Perahu Karet

Biasanya instansi penanggulangan bencana memiliki perahu karet. Ini karena perahu karet memiliki fungsi saat terjadi banjir. Kalau tidak, perahu karet tidak digunakan.

Cari Istilah Keuangan

×