Asosiasi Dagang - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Asosiasi Dagang merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Asosiasi Dagang meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang kita dapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Asosiasi Dagang biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bisnis, Ilmu Ekonomi dan Perusahaan.

Definisi Asosiasi Dagang

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Persatuan perusahaan perdagangan dalam bidang usaha atau bidang tertentu dengan tujuan memajukan kepentingan bersama (trade association).

Simak penjelasan tentang Asosiasi Dagang lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Asosiasi Dagang.

Apa itu Asosiasi Dagang?

Asosiasi Dagang adalah Organisasi yang terdiri dari pebisnis, produsen, bahkan individu yang bergerak dalam bidang usaha. Asosiasi Dagang mempunyai tujuan untuk memajukan kepentingan bersama. Selain itu, asosiasi dagang juga dibentuk untuk menjadi forum komunikasi dan diskusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul dalam bidang hubungan industrial.

Fungsi Asosiasi Dagang

Sebagai lembaga yang dibentuk untuk memajukan kepentingan kolektif dari para pedagang, dan pengusaha. Asosiasi dagang harus mampu menjangkau dan menampung berbagai kepentingan kolektif yang tentu bervariasi. Fungsi ini pun berlaku di berbagai bidang dan sektor, diantaranya:

1. Bidang Kebijakan Publik dan Advokasi 

Agar terciptanya iklim usaha yang kondusif antara pengusaha, pemerintah dan pekerja.

2. Bidang Hubungan Internasional 

Untuk mendukung iklim usaha yang kondusif di Indonesia dengan cara meningkatkan jejaring dan kerjasama internasional dan merepresentasikan dunia usaha Indonesia.

3. Organisasi dan Pemberdayaan Daerah 

Dengan memelihara dan mempertahankan kesinambungan hubungan industrial yang harmonis dan iklim usaha yang kondusif.

4. UKM, Pengusaha Perempuan, dan Sosial 

Menciptakan iklim usaha yang baik dan inovatif bagi UKM dengan cara meningkatkan kemampuan wirausaha UKM khususnya perempuan pengusaha sehingga dapat mengembangkan dan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan profesionalisme dan kemampuan bersaing.

5. Sumber Daya Manusia

Mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing pelaku usaha Indonesia serta menciptakan seluas-luasnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Cari Istilah Keuangan

×