Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Asosiasi Kartu Bank - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Asosiasi Kartu Bank merupakan istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Asosiasi Kartu Bank meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini definisi yang kita peroleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Asosiasi Kartu Bank biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Kartu Kredit, Bank dan Kartu Debit.

Definisi Asosiasi Kartu Bank

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Asosiasi lembaga keuangan yang menerbitkan atau menjadi agen kartu kredit; di Indonesia dikenal dengan nama Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) (Bank Card Association).

Simak penjelasan tentang Asosiasi Kartu Bank lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Asosiasi Kartu Bank.

Apa itu Asosiasi Kartu Kredit Bank?

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang umum digunakan oleh masyarakat. Perkembangan kartu kredit yang kian pesat ini pun mendapatkan dukungan, perhatian, serta pengawasan dari Asosiasi Kartu Bank Indonesia atau AKKI. AKKI adalah organisasi yang dibentuk dengan tujuan untuk membangun industri kartu kredit di Indonesia agar sehat dan bertanggung jawab bagi semua pihak, baik dari pemegang kartu (nasabah), penerbit, principle kartu kredit (Visa, MasterCard, American Express, dll), hingga merchant, dan semua pihak yang terkait. 

Peran Asosiasi Kartu Kredit Bank Indonesia

Peran AKKI memang tidak secara langsung, melainkan melalui anggotanya yang merupakan penerbit kartu kredit. Misalnya saja edukasi mengenai PIN kartu kredit, menyediakan otentikasi untuk transaksi e-commerce, penanganan kasus-kasus fraud yang terjadi di merchant, penanganan masalah gesek tunai (gestun), hingga surcharge. 

Asosiasi Kartu Kredit Indonesia juga berperan dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam transaksi kartu kredit bagi pemegang kartu dan merchant. AKKI juga bekerja sama dengan Criminal Justice System (CJS) seperti pihak Kepolisian, Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung. Selain itu, AKKI juga berperan dalam mendukung proses pembuatan RUU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik), membuat proses penegakan hukum menjadi lebih baik dalam penanganan kasus-kasus penyalahgunaan kartu pembayaran, termasuk kartu kredit.

Tujuan Asosiasi Kartu Kredit Bank Indonesia

Menciptakan suasana yang kondusif bagi semua stakeholder dalam membentuk lingkungan transaksi elektronik pada umumnya dan transaksi dengan menggunakan kartu kredit khususnya. Selain itu, AKKI juga mempunyai misi untuk meningkatkan transaksi elektronik kartu kredit dengan menciptakan metode transaksi yang baru untuk kebutuhan transaksi masyarakat Indonesia serta mengurangi risiko finansial bagi stakeholder

Cari Istilah Keuangan

×