Asset Under Management - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Asset Under Management? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Asset Under Management meskipun mungkin kita pernah memakainya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang diperoleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Asset Under Management biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Buku Besar Aset, Investasi dan Reksa Dana.

Definisi Asset Under Management

Simak penjelasan tentang Asset Under Management lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Asset Under Management.

Apa itu Asset Under Management?

Asset under management (AUM) adalah total nilai pasar dari investasi yang dikelola seseorang atau entitas atas nama klien. Aset di bawah definisi dan formula manajemen berbeda-beda menurut perusahaan.

Dalam perhitungan AUM, beberapa lembaga keuangan memasukkan deposito bank, reksadana, dan uang tunai dalam perhitungannya. Yang lain membatasinya hanya untuk dana di bawah manajemen diskresioner, dimana investor memberikan wewenang kepada perusahaan untuk berdagang atas namanya.

Secara keseluruhan, AUM hanya satu aspek yang digunakan dalam mengevaluasi perusahaan atau investasi. Ini juga biasanya dipertimbangkan dalam hubungannya dengan kinerja manajemen dan pengalaman manajemen. Namun, umumnya, investor dapat mempertimbangkan arus masuk investasi yang lebih tinggi dan perbandingan AUM yang lebih tinggi sebagai indikator positif kualitas dan pengalaman manajemen.

Mengapa AUM Penting?

Manajemen perusahaan akan memantau AUM karena berkaitan dengan strategi investasi dan aliran produk investor dalam menentukan kekuatan perusahaan. Perusahaan investasi juga menggunakan aset yang dikelola sebagai alat pemasaran untuk menarik investor baru. AUM dapat membantu investor mendapatkan indikasi ukuran operasi perusahaan relatif terhadap para pesaingnya.

AUM juga dapat menjadi pertimbangan penting untuk perhitungan biaya. Banyak produk investasi membebankan biaya manajemen yang merupakan persentase tetap dari aset yang dikelola. Juga, banyak penasihat keuangan dan manajer uang pribadi membebani klien persentase dari total aset yang mereka kelola. Biasanya, persentase ini menurun ketika AUM meningkat; dengan cara ini, para profesional keuangan ini dapat menarik investor.

Cari Istilah Keuangan

×