Asuransi Laut - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Asuransi Laut? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Asuransi Laut meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Asuransi Laut yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Asuransi Laut biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Asuransi Bahaya Perang, Asuransi Kebakaran dan Asuransi Pihak Ketiga.

Definisi Asuransi Laut

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

“Asuransi pengangkutan yang berhubungan dengan kapal laut dan muatannya; asuransi tersebut menanggung segala resiko akibat bahaya di laut pada pelayaran tertentu untuk jangka waktu tertentu, kecuali yang secara tegas dinyatakan tidak ditanggung.”

Simak penjelasan tentang Asuransi Laut lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Asuransi Laut.

Apa itu Asuransi Laut?

Asuransi Laut termasuk dalam jenis asuransi pengangkutan yang merupakan produk asuransi yang bertujuan untuk memberikan proteksi terhadap barang yang diangkut baik melalui darat, laut maupun udara. Asuransi pengangkutan diperuntukan bagi pemilik barang baik perseorangan, lembaga ataupun perusahaan, yang memerlukan perlindungan atas pengangkutan barang.

Definisi dari Asuransi Laut

Suatu jenis marine insurance (asuransi kelautan) yang bertujuan melindungi tertanggung (seperti eksportir, importer, pengirim barang, pemesan barang, pemilik barang-barang pindahan) terhadap resiko-resiko kerugian atau kerusakan barang-barang selama barang-barang tersebut menjalani pengangkutan atau pengiriman.

Manfaat dari Asuransi Laut

  • Polis asuransi pengangkutan atau Asuransi Laut menjamin kerugian-kerugian yang diakibatkan oleh kejadian-kejadian yang secara kebetulan datang dari luar.
  • Polis asuransi laut menyebutkan risiko-risiko yang dijamin. Jika kerugian terjadi akibat resiko tersebut, maka asuransi akan memberikan penggantian.

Jenis Kerugian yang Tidak Ditanggung oleh Pihak Asuransi

  1. Tindakan sengaja dari tertanggung
  2. Kebocoran alamiah atau keausan alamiah
  3. Disebabkan oleh tidak cukupnya atau tidak cocoknya packing
  4. Disebabkan oleh sifat alamiah dari barang
  5. Disebabkan karena keterlambatan
  6. Disebabkan karena kebangkrutan atau biaya yang timbul krn kebangkrutan
  7. Disebabkan karena penggunaan senjata perang yang memakai atom atau nuklir
  8. Karena tidak laik lautan kapal atau tongkang
  9. Resiko-resiko perang
  10. Pemogokan, pelarangan terhadap para pekerja

Cari Istilah Keuangan

×