Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Ates Salinan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Ates Salinan merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang istilah Ates Salinan walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang kita dapatkan dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Ates Salinan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Ates, Akuntansi dan Dokumen.

Definisi Ates Salinan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Salinan (yang benar) dan dokumen asli, yang diterangkan oleh seorang saksi (attest copy).

Simak penjelasan tentang Ates Salinan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Ates Salinan.

Apa Itu Ates Salinan?

Dalam persidangan, ada sesi di mana saksi akan menerangkan kesaksiannya di meja hijau dengan membacakan sebuah dokumen di depan hakim. Dokumen tersebut adalah salinan dari kesaksiannya yang diambil dengan sumpah sebelum persidangan. Salinan dari kesaksian tersebutlah yang kemudian dikenal sebagai ates salinan. 

Karena sifatnya sebagai suatu bukti yang valid, maka salinannya pun harus diverifikasi terlebih dahulu kesamaan isi dan lain halnya. Oleh sebab itu, ates salinan harus memiliki kesamaan isi terkait dengan kesaksian saksi di dalamnya. Secara umum, ates salinan juga bisa diartikan sebagai salinan dari dokumen asli. 

Cari Istilah Keuangan

×