Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Bahaya - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Bahaya merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Bahaya meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Bahaya yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Bahaya biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Inflasi, Lintah Darat dan Depresi.

Definisi Bahaya

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"n: yang (mungkin) mendatangkan kecelakaan (bencana, kesengsaraan, kerugian, dan sebagainya)."

Simak penjelasan tentang Bahaya lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bahaya.

Apa itu Bahaya?

Arti kata bahaya adalah berbagai hal yang mampu memberikan dampak buruk, negatif, dan merugikan bagi seseorang. Hal ini bisa berupa kejadian, dampak, ataupun situasi tertentu.

Dalam konteks-konteks tertentu bahaya memiliki sinonim yang berbeda-beda dan bisa digunakan sebagai pengganti kata tertentu diantaranya ancaman, bala, bencana, kecelakaan, kerawanan, kesusahan, malapetaka, mara, musibah, naas, petaka, risiko.

Jenis-jenis Bahaya?

  1. Bahaya Mekanik (Biomechanical hazards)

    adalah bahaya yang berasal dan diakibatkan oleh mesin, benda bergerak, atau alat-alat yang bisa mengakibatkan kecelakaan, luka, dan sebagainya.
  1. Bahaya Fisik (Physical hazards)

    adalah bahaya yang berasal dari situasi atau keadaan fisik suatu objek yang mampu memicu terjadinya kecelakaan seperti kebisingan, radiasi, suhu ekstrim (sangat panas atau sangat dingin), pencahayaan, getaran, hingga desakan hawa.
  1. Bahaya Kimia (Chemical hazards)

    adalah bahaya yang berasal dari bahan-bahan dan reaksi kimia, baik yang berbentuk padat, cair, maupun gas.
  1. Bahaya Biologi (Biological hazards)

    adalah bahaya yang berasal dari hewan-hewan atau mikroorganisme tak kasat mata yang berada di sekitaran tempat kerja dan dapat masuk kedalam tubuh tanpa kita ketahui sehingga banyak penanganannya dilakukan setelah pekerja terinfeksi.
  1. Bahaya Psikososial  (Psychosocial hazards)

    adalah bahaya yang berasal dari konflik batin dengan lingkungan yang ada di tempat kerja, baik itu dengan rekan kerja maupun dengan fasilitas yang ada di lingkungan kerja dimana kemudian dapat membuat seseorang mengalami stress hingga efek-efek buruk lainnya dari stres.
  1. Bahaya Ergonomi (Ergonomic Hazards)

    adalah bahaya yang berasal dari adanya ketidaksesuaian desain kerja dengan kapasitas tubuh pekerja sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di tubuh, pegal-pegal, sakit pada otot, tulang dan sendi, dan sebagainya.

Cari Istilah Keuangan

×