Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Bank Konsorsium - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Bank Konsorsium merupakan istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang finansial. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Bank Konsorsium walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Bank Konsorsium yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Bank Konsorsium biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank, Lembaga Keuangan dan Manajemen.

Definisi Bank Konsorsium

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Bank yang pemegang sahamnya terdiri atas sekelompok bank; misalnya, BPD SI merupakan bank hasil konsorsium dari seluruh bank eks BPD se-Indonesia (consortium bank).

Simak penjelasan tentang Bank Konsorsium lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bank Konsorsium.

Apa Itu Bank Konsorsium?

Bank konsorsium adalah sindikat perbankan yang dibentuk oleh banyak bank, seringkali dari negara yang berbeda, dengan tujuan untuk membiayai proyek tertentu yang terlalu besar untuk dibiayai oleh bank perorangan.  Dalam suatu proyek yang terlalu besar, bank yang berpartisipasi biasanya akan membentuk bank konsorsium baru yang berfungsi dengan memanfaatkan aset dari masing-masing lembaga dan bubar setelah proyek selesai. 

Dengan memungkinkan semua anggota untuk menyatukan aset mereka, konsorsium memungkinkan bank yang lebih kecil untuk menangani proyek yang lebih besar. Di bawah pengaturan ini, bank yang berpartisipasi mendapatkan bunga yang sama dan berbagi secara adil dalam risiko dan keuntungan. Setelah penyelesaian proyek, bank konsorsium biasanya akan dibubarkan.

Jenis-jenis Konsorsium

  • Gabungan beberapa pengusaha yang mengadakan suatu proyek.
  • Kumpulan pedagang dan industriawan.
  • Suatu proyek yang pembiayaannya dilakukan oleh beberapa bank atau lembaga keuangan.
  • Gabungan berbagai organisasi untuk mengadakan aktivitas bersama, tetapi masing-masing organisasi tetap berdiri sendiri-sendiri.
  • Himpunan para pakar dari bidang yang sama untuk mengurus kepentingan bersama.
  • Usaha bersama dari berbagai organisasi atau bank untuk memenuhi suatu proyek/tujuan tertentu.

Cari Istilah Keuangan

×