Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Bank Pegawai - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Bank Pegawai. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Bank Pegawai walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Bank Pegawai yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Bank Pegawai biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank Agen, Bankir Investasi dan Bank.

Definisi Bank Pegawai

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

“Bank yang sahamnya dimiliki serikat pekerja atau serikat buruh yang secara otomatis setiap anggota serikat pekerja atau serikat buruh itu juga menjadi pemegang saham bank pegawai tersebut.”

Simak penjelasan tentang Bank Pegawai lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bank Pegawai.

Apa itu Bank Pegawai?

Bank Pegawai atau labour bank adalah bank yang sahamnya dimiliki serikat kerja, pegawai, atau serikat buruh yang secara otomatis setiap anggota serikat pekerja atau serikat buruh itu juga menjadi pemegang saham bank pegawai tersebut.

Yang dimaksud dari saham yang dimiliki oleh serikat pekerja adalah ESOP atau employee stock option program, merupakan program yang memberikan hak kepada karyawan atas kepemilikan saham. Program kepemilikan saham perusahaan di Indonesia dikenal dengan sebutan program kepemilikan saham bagi karyawan (PKSK). Program kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP pertama kali ada di Amerika, sekitar tahun 1950 an.

Tujuan dari Bank Pegawai

  1. Cara Mempertahankan Karyawan. Saham perusahaan yang dimiliki oleh pegawai diduga mampu mempertahankan karyawan (alias meminimasi keluar masuknya karyawan atau turnover karyawan). Karyawan yang memiliki saham perusahaan cenderung akan memiliki rasa memiliki dan akhirnya menimbulkan semangat dalam bekerja.
  2. Bentuk Penghargaan Bagi Karyawan. Ungkapan yang menunjukan bahwa perusahaan harus memberikan hadiah kepada karyawan yang berprestasi.Salah satu bentuk hadiah yang ditawarkan perusahaan adalah kepemilikan saham perusahaan.

Cara Agar Pegawai Dapat Memiliki Saham dalam Perusahaan

Terdapat 3 cara kepemilikan saham perusahaan oleh pegawai, yaitu sebagai berikut:

Pemberian Saham (Stock Grants)

Pemberian saham ini sifatnya adalah hibah dari perusahaan kepada karyawan. Pemberian saham adalah jenis transfer kepemilikan saham perusahaan dengan ESOP yang sederhana. Umumnya diberikan kepada orang-orang kunci dalam perusahaan sebagai bentuk penghargaan atau retensi karyawan.

Program Pembelian Saham Oleh Karyawan (Direct Employee Stock Purchase Plans)

Jenis ini memungkinkan karyawan untuk membeli saham perusahaan dengan jenis keuntungan tertentu, seperti harga lebih murah. Karyawan diperbolehkan untuk menolak program pembelian saham jika dirasa tidak menguntungkan atau ada penawaran yang lebih baik.

Program Opsi Saham (Stock Option Plans)

Umumnya perusahaan akan memberikan pilihan kepada karyawan untuk membeli saham perusahaan dengan harga tertentu dan pada periode tertentu.

Cari Istilah Keuangan

×