Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Bank Tabungan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Bank Tabungan? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Bank Tabungan meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang kita dapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Bank Tabungan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank Primer, Bank Sekunder dan Tabungan.

Definisi Bank Tabungan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Bank yang sumber dana utamanya berasal dari tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungakan dananya dalam surat-surat berharga yang berperingkat baik (saving bank)."

Simak penjelasan tentang Bank Tabungan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bank Tabungan.

Apa Itu Bank Tabungan?

Lembaga keuangan yang mengumpulkan tabungan, membayar bunga atau dividen kepada penabung. Ini menyalurkan tabungan individu yang ingin mengkonsumsi kurang dari pendapatan mereka kepada peminjam yang ingin menghabiskan lebih banyak. Fungsi ini dilayani oleh departemen simpanan bank umum, bank tabungan bersama atau bank simpanan wali amanat (bank tanpa modal yang pendapatannya hanya diperoleh dari penabung), asosiasi simpan pinjam, serikat kredit, sistem pos, dan bank tabungan kota . 

Kecuali untuk bank umum, lembaga-lembaga ini tidak menerima setoran giro. Sistem tabungan pos dan banyak lembaga tabungan Eropa lainnya menikmati jaminan pemerintah; tabungan diinvestasikan terutama pada sekuritas pemerintah dan sekuritas lain yang dijamin oleh pemerintah. Bank tabungan seringkali berasal sebagai bagian dari upaya filantropis untuk mendorong tabungan di antara orang-orang dengan cara sederhana.

Perhitungan Bunga Bank Tabungan

Metode Saldo Terendah.

Besarnya bunga tabungan dihitung dari jumlah saldo terendah pada bulan laporan dikalikan dengan suku bunga per tahun kemudian dikalikan dengan jumlah hari pada bulan laporan dan dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun. Misalnya untuk menghitung bunga pada bulan Mei, maka besarnya bunga dihitung: Bunga tabungan = .... % x 31/365 x saldo terendah pada bulan Mei.

Metode Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Rata-Rata.

Pada metode ini, bunga dalam satu bulan dihitung berdasarkan saldo rata-rata dalam bulan berjalan. Saldo rata-rata dihitung berdasarkan jumlah saldo akhir tabungan setiap hari dalam bulan berjalan, dibagi dengan jumlah hari dalam bulan tersebut.

Metode Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Harian.

Pada metode ini bunga dihitung dari saldo harian. Bunga tabungan dalam bulan berjalan dihitung dengan menjumlahkan hasil perhitungan bunga setiap harinya.

Cari Istilah Keuangan

×