Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Bank - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Bank? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Bank walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang kita peroleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Bank biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank Perkreditan Rakyat, Bank Indonesia dan Bank Syariah.

Definisi Bank

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak (bank).

Simak penjelasan tentang Bank lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bank.

Apa itu Bank?

Bank adalah lembaga keuangan resmi yang memiliki lisensi dari otoritas terkait untuk menghimpun dana dari masyarakat. Dana yang telah dihimpun dari masyarakat akan disalurkan kembali dalam bentuk produk keuangan seperti kredit atau pinjaman kepada masyarakat kembali sehingga dana yang ada bisa lebih produktif dan bisa menggerakkan ekonomi.

Selain menghimpun dan menyalurkan dana kembali, saat ini bank juga menyediakan produk keuangan lainnya seperti manajemen investasi, penukaran mata uang asing, hingga berbagai jasa pembayaran.

Istilah kata Bank sendiri berasal dari bahasa Italia yaitu “BANCO” yang memiliki arti bangku. Pada zaman dahulu, bankir melayani nasabah di sebuah meja operasional khusus. Dari sini istilah bangku ini kemudian populer menjadi dengan nama BANK.

Dalam sebuah negara, bank-bank umum biasanya diatur oleh sebuah bank sentral. Bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI). Di Indonesia sendiri, aturan yang mengatur tentang perbankan adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Jenis-Jenis Bank

Jenis Bank berdasarkan fungsi

  • Bank Sentral
  • Bank Umum
  • Bank Perkreditan Rakyat

Jenis Bank berdasarkan cara menentukan harga:

  • Bank Konvensional
  • Bank Syariah

Jenis Bank berdasarkan kepemilikan:

  • Bank Milik Pemerintah
  • Bank Milik Swasta Nasional
  • Bank Milik Asing
  • Bank Milik Campuran

Jenis Bank berdasarkan status

  • Bank Devisa
  • Bank Non Devisa

Cara Kerja Bank

Secara sederhana, cara kerja bank berawal dari tabungan yang disetorkan oleh nasabahnya. Dana yang terkumpul dari tabungan nasabah akan dipinjamkan ke pihak yang memerlukan modal dengan bunga yang lebih tinggi. Dana yang dikumpulkan tadi juga bisa diinvestasikan kembali ke instrumen investasi yang lain seperti surat utang pemerintah (obligasi). Bunga yang didapat dari selisih peminjam/hasil investasi dengan yang diberikan kembali ke nasabah inilah yang nantinya akan menjadi keuntungan pihak bank.

Cari Istilah Keuangan

×