Bankir Investasi - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Bankir Investasi merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Bankir Investasi walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Bankir Investasi biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank, Manajer Investasi dan Investasi.

Definisi Bankir Investasi

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

“Perusahaan yang melakukan kegiatan sebagai agen atau penanggung dan bertindak sebagai penengah antara penerbit sekuritas dan masyarakat umum yang melakukan investasi; bankir investasi, selaku manajer atau anggota suatu kelompok perbankan investasi, dapat melakukan pembelian langsung sekuritas dari penerbit dan menjualnya kepada para dealer dan investor.”

Simak penjelasan tentang Bankir Investasi lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bankir Investasi.

Apa itu Bankir Investasi?

Bankir Investasi atau investment banker adalah perusahaan atau orang yang melakukan kegiatan sebagai agen atau penanggung dan bertindak sebagai penengah antara penerbit sekuritas dan masyarakat umum yang melakukan investasi; bankir investasi, selaku manajer atau anggota suatu kelompok perbankan atau bank investasi, dapat melakukan pembelian langsung sekuritas dari penerbit dan menjualnya kepada para dealer dan investor.

Cara Bank Investasi Mendapatkan Keuntungan

Penghasilan atau pendapatan bankir investasi dapat dibedakan ke dalam 3 kategori:

  1. Menarik biaya konsultasi
  2. Komisi atas penggalangan dana atau arranging capital
  3. Komisi atas trading

Aktivitas dari Bankir Investasi

  • Data management

Bankir investasi dalam rutinitasnya selalu berurusan dengan angka dan data. Sifat pekerjaan menuntut seorang manajer investasi untuk menguasai perhitungan yang berbasis angka dan data

  • Financial analysis

Tanggung jawab utama dari sebuah bankir investasi untuk mengolah dan mengartikan data data yang dikumpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan tentang proyeksi kondisi pasar dan ekonomi ke depan.

  • Liaisoning

Bankir investasi idealnya bertindak sebagai jembatan atau perantara antara klien dengan pasar keuangan. Terkadang bank investasi juga memberikan pendampingan kepada nasabah

  • Client management

Bankir investasi baik secara tim maupun personal bertindak sebagai penengah atau jembatan dengan nasabah dan entitas bisnis yang menjadi nasabahnya.

Beberapa Contoh Bank Investasi di Dunia

 

Bank of America Merrill Lynch

Goldman Sachs

Barclays Capital

JPMorgan Chase

Citigroup

Morgan Stanley

Credit Suisse

Nomura Securities

Deutsche Bank

UBS

Cari Istilah Keuangan

×