Biaya Modal - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mempelajari istilah Biaya Modal? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Biaya Modal walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Biaya Modal biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Biaya, Perusahaan dan Modal.

Definisi Biaya Modal

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Tingkat pendapatan yang diperoleh dari suatu bisnis apabila bisnis tersebut memilih investasi lain dengan tingkat risiko yang berimbang; dengan kata lain, biaya modal merupakan biaya kesempatan yang hilang (opportunity cost) dan dana yang digunakan untuk investasi lain tersebut; biaya modal dapat juga dihitung dengan menggunakan rata-rata tertimbang atas biaya utang perusahaan serta klasifikasi modal (cost of capital).

Simak penjelasan tentang Biaya Modal lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Biaya Modal.

Apa Itu Biaya Modal?

Biaya modal adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh dana baik yang berasal dari hutang, saham preferen, saham biasa, dan laba ditahan untuk mendanai suatu investasi atau operasional perusahaan. Penentuan besarnya biaya modal ini dimaksudkan untuk mengetahui berapa besarnya biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh dana yang diperlukan. Karena sifatnya sebagai biaya, maka biaya modal juga diartikan sebagai batas minimum tingkat hasil yang harus dicapai perusahaan agar tidak dinyatakan merugi.

Tujuan Biaya Modal

  • Perusahaan dapat mengetahui seberapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mendanai investasi dan mendanai biaya operasional perusahaan.
  • Memaksimalkan nilai perusahaan dengan cara meminimumkan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  • Mempermudah penentu keputusan penting seperti leasing dan modal kerja lainnya yang dilakukan oleh perusahaan.

Jenis Biaya Modal

Biaya modal dibedakan menjadi dua macam, berikut penjelasan singkat mengenai kedua jenis biaya modal:

1. Biaya Modal Secara Individu

Biaya modal ini terdiri dari biaya modal utang perniagaan, biaya modal dari utang jangka pendek, biaya modal dari utang wesel, biaya modal dari obligasi, biaya modal laba ditahan, dan biaya modal dari penggunaan saham preferen.

2. Biaya Modal Secara Keseluruhan

Jika perusahaan menggunakan beberapa sumber modal, maka biaya modal yang dihitung adalah biaya modal rata-rata tertimbang dari seluruh modal yang digunakan atau bisa disebut dengan WACC (weighted average cost of capital).

Cari Istilah Keuangan

×