Bitcoin Mining - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mempelajari istilah Bitcoin Mining? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Bitcoin Mining walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Disini kita akan membahas Bitcoin Mining yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Bitcoin Mining biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Uang, Bukti Transaksi dan Flash Sale.

Definisi Bitcoin Mining

Simak penjelasan tentang Bitcoin Mining lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bitcoin Mining.

Apa itu Bitcoin Mining?

Penambangan bitcoin dilakukan oleh komputer berdaya tinggi yang memecahkan masalah matematika komputasi yang rumit (yaitu, begitu rumit sehingga tidak dapat diselesaikan dengan tangan, dan memang cukup rumit untuk memajak bahkan komputer yang sangat kuat). Keberuntungan dan kerja yang dibutuhkan oleh komputer untuk memecahkan salah satu masalah ini adalah setara digital dengan penambang yang menyerang emas di tanah - sambil menggali di kotak pasir. Pada saat penulisan, peluang komputer untuk memecahkan salah satu dari masalah ini adalah sekitar 1 banding 13 triliun, tetapi lebih dari itu nanti.

Hasil dari "penambangan bitcoin" ada dua. Pertama, ketika komputer memecahkan masalah matematika yang rumit ini di jaringan Bitcoin, mereka menghasilkan bitcoin baru, tidak seperti ketika operasi penambangan mengekstraksi emas dari tanah. Dan kedua, dengan menyelesaikan masalah matematika komputasi, penambang bitcoin membuat jaringan pembayaran Bitcoin dapat dipercaya dan aman, dengan memverifikasi informasi transaksinya.

Ketika seseorang mengirim Bitcoin ke mana saja, hal ini disebut sebagai "transaksi." Transaksi yang dilakukan di dalam toko atau online didokumentasikan oleh bank, sistem point-of-sale, dan penerimaan fisik. Penambang Bitcoin mencapai efek yang sama tanpa lembaga-lembaga ini dengan mengelompokkan transaksi dalam "blok" dan menambahkannya ke catatan publik yang disebut "blockchain." Node kemudian menyimpan catatan blok-blok itu sehingga mereka dapat diverifikasi ke masa depan.

Cari Istilah Keuangan

×