Boliviano - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Boliviano. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Boliviano meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Boliviano biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bolivar, Mata Uang dan Valuta Asing.

Definisi Boliviano

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Satuan mata uang Bolivia; nilai 1 boliviano sama dengan 100 centavos (bolliviano).

Simak penjelasan tentang Boliviano lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Boliviano.

Apa itu Boliviano?

Boliviano adalah mata uang Bolivia. Mata uang ini dibagi menjadi 100 sen atau centavo dalam bahasa Spanyol. Boliviano memiliki kode BOB dan lambang Bs. Boliviano pertama kali terbit di antara tahun 1864 dan 1963. Menyusul inflasi yang merajalela selama bertahun-tahun, peso bolivia diganti pada tahun 1987 oleh boliviano baru dengan laju satu juta banding satu (ketika 1 dolar AS bernilai 1,8 / 1,9 juta peso). Pada saat itu, 1 boliviano baru kira-kira setara dengan 1 dolar AS.

Sejak April 2018, manajer Bank Sentral Bolivia, Pablo Ramos, mengumumkan pengenalan keluarga baru uang kertas Negara Plurinasional Bolivia, dimulai dengan uang kertas 10 Bs, dan kemudian secara bertahap memperkenalkan uang kertas 200 Bs, yang diluncurkan pada bulan April 2019.

Pada 2013, Boliviano masih diproduksi di luar negeri, di negara-negara seperti Inggris, Prancis, dan Chili, meskipun Bolivia secara politik merdeka sejak 1825. Meskipun Bolivia adalah salah satu tujuan utama era kolonial, produksi koin dan pencetakan mata uang berhenti karena kurangnya minat politik dan pada gagasan bahwa koin dan uang kertas asing dapat diperoleh dengan harga lebih rendah dari koin dan uang kertas buatan Bolivia.

Cari Istilah Keuangan

×