Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

BPHTB - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu BPHTB. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti BPHTB meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas BPHTB yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai BPHTB biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Harta, Hak Kebendaan dan Pajak.

Daftar Isi

  1. Definisi BPHTB

Definisi BPHTB

Definisi Menurut https://www.cermati.com/artikel/bphtb-pengertian-d

Apa itu BPHTB? BPHTB merupakan singkatan dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan. Sesuai dengan namanya, BPHTB adalah pungutan atas perolehan hak tanah atau bangunan. Bea ditanggung oleh pembeli, sifatnya mirip dengan PPh bagi penjual, jadi pihak penjual (bisa sebagai Developer) dan pihak pembeli sama-sama punya tanggung jawab untuk membayar Bea yang satu ini. Tarif BPHTB biasanya mencapai 5% dari harga jual uang dikurangi dengan Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP). Dengan rumus sebagai berikut: Tarif Pajak 5% x Dasar Pengenaan Pajak (NPOP-NPOPTKP) Besarnya NPOPTKP pada masing-masing wilayah berbeda-beda, akan tetapi berdasarkan UU no. 28 tahun 2009 pasal 87 ayat 4 ditetapkan besaran paling rendah sebesar Rp60.000.000 untuk setiap wajib pajak.

Definisi Menurut https://id.wikipedia.org/wiki/IRR

BPHTB Berlaku Untuk Apa Saja? Setiap perolehan hak atas tanah dan bangunan diwajibkan untuk membayar BPHTB. Yang menjadi objek BPHTB merupakan perolehan hak atas tanah dan atau bangunan yang meliputi: Jual beli Tukar menukar Hibah Hibah wasit Waris Pemasukan dalam perseroan atau badan hukum lain Pemisahan hak yang mengakibatkan peralihan Penunjukkan pembeli dalam lelang Penggabungan & peleburan usaha Hadiah Pelaksanaan putusan hakim yang mempunyai kekuatan hukum tetap

Simak penjelasan tentang BPHTB lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud BPHTB.

Cari Istilah Keuangan

×