Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Bunga - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mengetahui istilah Bunga? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Bunga walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Bunga biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank, Tabungan dan Investasi.

Definisi Bunga

Definisi Menurut

"n Ek imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal yang dibayar pada waktu tertentu berdasarkan ketentuan atau kesepakatan, umumnya dinyatakan sebagai persentase dari modal pokok."

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"n Ek pendapatan atas setiap investasi modal."

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Imbalan yang dibayarkan oleh peminjam atas dana yang diterima; bunga dinyatakan dalam persen (interest)."

Simak penjelasan tentang Bunga lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bunga.

Apa itu Bunga?

Bunga merupakan timbal balik yang didapatkan oleh kreditur atas dana yang dipinjamkan ke debitur. Kreditur merupakan sebutan bagi orang yang memberikan pinjaman, sedangkan debitur adalah orang yang meminjam. Umumnya, perhitungan bunga dinyatakan dalam jumlah persen. Nominal bunga yang harus dibayarkan adalah sekian persen dari total pinjaman.

Misalnya, Rudi meminjam uang ke bank sebesar Rp12.000.000 (sepuluh juta rupiah) dengan bunga sebesar 2% per bulan. Maka, besaran bunga yang harus dibayarkan Rudi adalah, Rp12.000.000 X 2% = Rp240.000. Jadi, besaran bunga 2% yang harus dibayarkan Rudi adalah sebesar Rp240.000 per bulan.

Bunga tidak hanya berlaku dalam konteks pinjaman saja, dalam konteks investasi bunga memiliki makna lain. Bunga dalam investasi adalah keuntungan dari investor atas dana yang dia investasikan. Perhitungan bunganya juga sama dengan konteks pinjaman, yaitu dinyatakan dengan persen.

Misalnya, Dina menginvestasikan uangnya sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dalam reksa dana dengan keuntungan 5% per tahun, maka keuntungan yang diperoleh Dina dalam setahun adalah Rp10.000.000 x 5% = Rp500.000.

Jenis Bunga dalam Perbankan

Berdasarkan bentuknya, jenis suku bunga dibagi dua yaitu suku bunga kredit dan suku bunga simpanan.

  1. Suku Bunga Kredit. Suku bunga kredit adalah jenis suku bunga yang digunakan dalam urusan pinjam-meminjam. Jenis suku bunga kredit diklasifikasikan berdasarkan sifat dan perhitungannya.
    1. Suku bunga berdasarkan sifatnya:
      1. Suku bunga tetap (fixed). Suku bunga yang jumlahnya tidak berubah selama masa kredit.
      2. Suku bunga mengambang (floating). Suku bunga yang jumlahnya berubah-ubah mengikuti suku bunga pasar selama masa kredit.
    2. Suku bunga berdasarkan perhitungannya:
      1. Suku bunga flat. Bunga pinjaman dihitung dari jumlah awal pokok pinjaman dan dibagikan secara proporsional berdasarkan tenor kredit.
      2. Suku bunga efektif. Bunga pinjaman dihitung dari sisa jumlah pokok pinjaman. Jadi besaran bunga yang dibayarkan akan menurun seiring berjalannya tenor.
      3. Suku bunga anuitas. Merupakan gabungan antara suku bunga flat dan suku bunga efektif. Bunga dihitung berdasarkan sisa pokok pinjaman (suku bunga efektif), namun dibagikan secara proporsional berdasarkan tenor (suku bunga flat).
  2. Suku Bunga Simpanan. Suku bunga simpanan adalah suku bunga yang digunakan dalam perhitungan simpanan. Tidak seperti suku bunga kredit, perhitungan suku bunga simpanan lebih simpel.
    1. Simpanan tabungan. Adalah bunga yang diberikan bank kepada nasabahnya berdasarkan jumlah tabungan mereka. Jumlah nominal bunganya tentunya berbeda-beda antara nasabah satu dengan lainnya.
    2. Simpanan deposito. Adalah bunga yang diberikan bank kepada nasabahnya yang membuka tabungan deposito. Jumlah nominal bunga deposito biasanya sama karena jumlah deposito tidak akan berubah selama jangka waktu yang ditentukan.

Cari Istilah Keuangan

×