Bunga Andaian - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mengetahui istilah Bunga Andaian? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Bunga Andaian meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Bunga Andaian biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bunga, Pajak dan Bunga Biasa.

Definisi Bunga Andaian

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Perkiraan nilai, biaya, atau bunga yang harus dipertimbangkan atas penggunaan modal (uang ataupun barang) meskipun belum dilakukan pembayaran tunai, biasanya perkiraan ini dilakukan dalam rangka perhitungan pajak (imputed interest).

Simak penjelasan tentang Bunga Andaian lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bunga Andaian.

Apa itu Bunga Andaian?

Bunga andaian biasanya berlaku untuk pinjaman antara keluarga dan teman. Misalnya, seorang ibu meminjamkan anaknya Rp500.000 tanpa biaya bunga. Tingkat federal jangka pendek yang berlaku adalah 2 persen, sehingga anak tersebut harus membayar bunga kepada ibunya Rp10.000 per tahun. Badan pajak berasumsi bahwa sang ibu mengumpulkan jumlah ini dari anaknya dan mencantumkannya di SPT sebagai pendapatan bunga meskipun dia tidak mengumpulkan dana.

Fungsi Bunga Andaian

Bunga andaian bisa dibilang berfungsi sebagai bunga perkiraan. Hal ini biasanya dipakai badan pajak untuk menentukan seberapa besar wajib pajak mendapatkan bunga dari aktivitas keuangan yang dilakukan si wajib pajak tersebut, sehingga pihak perpajakan dapat menarik pajak dari bunga yang dimaksud.

Cari Istilah Keuangan

×