Bunga Biasa - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu istilah yang berkaitan dengan keuangan, yaitu Bunga Biasa. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Bunga Biasa walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Kali ini kita akan membahas Bunga Biasa yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Bunga Biasa biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bunga, Bank dan Bunga Bank.

Definisi Bunga Biasa

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Bunga yang dihitung hanya atas pokok pinjaman, sedangkan atas bunga yang terutang tidak dihitung bunga; bunga yang dihitung berdasarkan 360 hari dalam satu tahun (simple interest; ordinary interest).

Simak penjelasan tentang Bunga Biasa lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Bunga Biasa.

Apa itu Bunga Biasa?

Bunga biasa adalah metode cepat dan mudah untuk menghitung biaya bunga pinjaman. Bunga biasa ditentukan dengan mengalikan tingkat bunga harian dengan pokok dengan jumlah hari yang berlalu antara pembayaran.

Ketika melakukan pembayaran dengan pinjaman bunga sederhana, pembayaran pertama kali ditujukan untuk bunga bulan itu, dan sisanya menuju ke pokok. Bunga setiap bulan dibayar penuh sehingga tidak pernah bertambah. Tentu, bunga biasa menguntungkan konsumen yang membayar pinjaman tepat waktu atau awal setiap bulan.

Jenis Pinjaman Apa yang Menggunakan Bunga Biasa?

Bunga biasa biasanya berlaku untuk pinjaman mobil atau pinjaman pribadi jangka pendek. Sebagian besar hipotek tidak menggunakan bunga biasa, meskipun beberapa bank menggunakan metode ini untuk hipotek untuk rencana pembayaran dua mingguan. Rencana dua mingguan biasanya membantu konsumen melunasi hipotek mereka lebih awal karena peminjam melakukan dua pembayaran tambahan setahun, menghemat bunga selama masa pinjaman dengan melunasi pokok pinjaman lebih cepat.

Cari Istilah Keuangan

×