Buyback - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Buyback merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Buyback meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Disini kita akan membahas Buyback yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Buyback biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Saham, Bursa Efek Indonesia (IDX) dan IHSG.

Definisi Buyback

Definisi Menurut

Buyback Saham: Pembelian kembali saham yang beredar di publik yang dilakukan oleh perusahaan.

Simak penjelasan tentang Buyback lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Buyback.

Apa definisi Buyback?

Kondisi dimana suatu perusahaan yang telah menerbitkan saham di Bursa Efek dalam beberapa waktu, dan kemudian perusahaan menginvestasikan dana yang dimiliki untuk melakukan pembelian kembali saham perusahaannya sendiri dari publik pasar modal.

Dengan pembelian kembali saham yang beredar di publik, otomatis jumlah keuntungan yang harus disetor perusahaan melalui pembagian dividen akan berkurang, karena jumlah saham yang beredar menyusut.

Tetapi perusahaan berpotensi memperoleh keuntungan di masa yang akan datang jika perusahaan memutuskan untuk menjual kembali saham yang telah di Buyback ketika harganya sudah naik.

Proses Buyback:

  • Tender Offer

Perusahaan memberikan penawaran kepada pemegang sahamnya bahwa perusahaan akan membeli sejumlah saham dengan kisaran harga tertentu, bagi pemegang saham yang ingin mengikuti proses ini, dapat mendaftarkan dirinya beserta dengan jumlah saham yang ingin dijual di harga yang diharapkan. Pada waktu pelaksanaan  tender offer perusahaan akan membeli dalam jumlah yang mereka rencanakan, jika jumlah saham yang ditawarkan publik lebih banyak dari kebutuhan, perusahaan akan mengutamakan pembelian pada saham yang ditawarkan di harga yang lebih murah.

  • Pembelian di Pasar Terbuka

Proses pembelian saham di pasar reguler sesuai dengan harga yang berlaku di pasar. Pengumuman atau rumor adanya proses buyback di pasar reguler, sering kali membuat harga melonjak karena ada sentimen peningkatan permintaan di saham ini.

Cari Istilah Keuangan

×