Cadangan Bank - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mempelajari istilah Cadangan Bank? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Cadangan Bank meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Disini kita akan membahas Cadangan Bank yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Cadangan Bank biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Cadangan, Bank dan Uang.

Definisi Cadangan Bank

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Sebagian dari aktiva bank berupa alat likuid, seperti kas, piutang, dan aktiva lain yang segera dapat dicairkan, seperti giro, deposito, dan simpanan lainnya untuk menghadapi kemungkinan penarikan rekening nasabah (bank reserves).

Definisi Menurut Wikipedia

Cadangan bank adalah kepemilikan deposito bank di bank sentral (misalnya Bank Sentral Eropa atau Federal Reserve; Federal Reserve juga menyertakan dana federal) ditambah mata uang yang secara fisik disimpan di brankas bank (uang brankas).Bank sentral di sejumlah negara menetapkan batas cadangan minimal. Sekalipun tidak ada batas yang ditetapkan, sejumlah bank masih ingin menyimpan cadangan yang disebut cadangan darurat (desired reserves).

Simak penjelasan tentang Cadangan Bank lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Cadangan Bank.

Apa Itu Cadangan Bank?

Cadangan bank adalah minimum tunai yang harus disimpan oleh bank untuk memenuhi persyaratan dalam bank sentral. Bank tidak dapat meminjamkan uang tetapi harus menyimpannya di brankas, di lokasi atau di bank sentral, untuk memenuhi permintaan besar dan tak terduga untuk penarikan. Cadangan bank dibagi menjadi cadangan wajib dan cadangan berlebih. Cadangan yang diperlukan adalah kas minimum yang tersedia.

Istilah dalam Cadangan Bank

  • Cadangan deposito – Akun deposito yang dimiliki oleh bank di bank sentral.
  • Uang brankas – Cadangan tunai yang dimiliki oleh bank dan disimpan di brankas bank.
  • Cadangan pinjaman – Cadangan bank yang diperoleh dengan meminjam dari bank sentral.
  • Cadangan non-pinjaman – Cadangan bank yang tidak diperoleh dengan meminjam dari bank sentral.
  • Cadangan wajib – Jumlah cadangan yang wajib disimpan bank, ditentukan oleh bank sentral sebagai fungsi kewajiban deposito bank.
  • Cadangan berlebih - Cadangan bank yang melebihi cadangan wajib. Sebagian cadangan berlebih (atau bahkan seluruhnya) bisa disebut cadangan darurat.
  • Cadangan bebas - Jumlah cadangan berlebih yang melebihi cadangan pinjaman.
  • Cadangan total – Semua cadangan bank, seperti uang tunai yang ada di brankas ditambah cadangan deposito di bank sentral, cadangan pinjaman ditambah non-pinjaman, dan cadangan wajib ditambah berlebih.

Cari Istilah Keuangan

×