Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Cadangan Lebih - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Cadangan Lebih. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Cadangan Lebih walaupun mungkin kita pernah memakainya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang kita peroleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Cadangan Lebih biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Cadangan, Bank dan Dana.

Definisi Cadangan Lebih

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Kelebihan cadangan dana bank dan jumlah yang seharusnya, yang jumlahnya telah ditetapkan oleh bank sentral (excess reserves).

Simak penjelasan tentang Cadangan Lebih lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Cadangan Lebih.

Apa Itu Cadangan Lebih?

Cadangan lebih adalah cadangan modal yang dimiliki oleh bank atau lembaga keuangan yang melebihi dari apa yang disyaratkan oleh regulator, kreditor atau kontrol internal. Untuk bank komersial, cadangan lebih diukur terhadap jumlah persyaratan cadangan standar yang ditetapkan oleh otoritas perbankan sentral. Rasio cadangan yang disyaratkan ini mengatur minimum simpanan yang berbentuk likuid (seperti uang tunai) yang harus dicadangkan di bank; jika lebih maka dianggap sebagai cadangan lebih.

Perusahaan keuangan yang memiliki cadangan lebih memiliki tingkat keamanan ekstra jika terjadi kehilangan pinjaman mendadak atau penarikan tunai yang signifikan oleh pelanggan. Cadangan ini dapat meningkatkan keamanan sistem perbankan, terutama di saat ketidakpastian ekonomi. Meningkatkan tingkat cadangan lebih juga dapat meningkatkan peringkat kredit perusahaan.

Cari Istilah Keuangan

×