Cadangan Likuiditas - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Cadangan Likuiditas. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Cadangan Likuiditas walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Kali ini kita akan membahas Cadangan Likuiditas yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Cadangan Likuiditas biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Cadangan, Giro dan Likuiditas.

Definisi Cadangan Likuiditas

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Persentase tertentu dari dana pihak ketiga yang wajib disimpan dalam bentuk giro pada Bank Indonesia (reservable deposits).

Simak penjelasan tentang Cadangan Likuiditas lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Cadangan Likuiditas.

Apa Itu Cadangan Likuiditas?

Cadangan likuiditas adalah setoran bank dari pihak ketiga yang mengikuti persyaratan cadangan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia. Setoran yang dapat dicadangkan meliputi rekening transaksi, rekening tabungan dan deposito berjangka non-personal. Akun transaksi adalah akun deposito yang tersedia untuk pemilik akun, seperti akun giro atau akun konsep berbagi, dan dapat diakses melalui penarikan tunai, penggunaan kartu debit, cek, atau dengan transfer antar rekening.

Akun transaksi dalam cadangan likuiditas digunakan oleh individu dan institusi. Deposito non-personal adalah rekening yang dimiliki oleh institusi yang membayar tingkat bunga dan memiliki tanggal jatuh tempo yang ditentukan sebelum mana deposan harus membayar biaya untuk menarik dana. Contoh akun deposito berjangka non-pribadi adalah sertifikat deposito yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Cari Istilah Keuangan

×