Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Cash Flow - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Cash Flow merupakan salah satu istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang finansial. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang arti Cash Flow walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Cash Flow biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Arus Kas, Akuntansi dan Kas.

Definisi Cash Flow

Simak penjelasan tentang Cash Flow lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Cash Flow.

Apa Itu Cash Flow?

Cash flow atau yang juga disebut dengan arus kas adalah jumlah naik turunnya jumlah uang yang dimiliki sebuah bisnis, institusi, atau individu. Pada tingkat yang paling mendasar, kemampuan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi pemegang saham ditentukan oleh kemampuannya untuk menghasilkan arus kas yang positif. Arus kas positif menunjukkan bahwa aset likuid perusahaan meningkat, memungkinkannya untuk melunasi hutang, berinvestasi kembali dalam bisnisnya, mengembalikan uang kepada pemegang saham, membayar biaya dan memberikan penyangga terhadap tantangan keuangan di masa depan. Perusahaan dengan fleksibilitas keuangan yang kuat dapat memanfaatkan investasi yang menguntungkan. 



Cari Istilah Keuangan

×