Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Catatan Pengingat - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah Catatan Pengingat? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah Catatan Pengingat walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang diperoleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Catatan Pengingat biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Dokumen, Jatuh Tempo dan Perusahaan.

Definisi Catatan Pengingat

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Catatan tentang kewajiban yang jatuh tempo serta perlu mendapat perhatian setiap hari untuk ditindaklanjuti, misalnya yang berkenaan dengan transaksi keuangan atau kewajiban yang harus diselesaikan pada hari itu (tickler).

Simak penjelasan tentang Catatan Pengingat lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Catatan Pengingat.

Apa Itu Catatan Pengingat?

Catatan pengingat adalah catatan yang memiliki jatuh tempo, sehingga diatur sedemikian rupa sebagai pengingat di masa mendatang jika ada kewajiban yang perlu diselesaikan. Catatan pengingat biasanya berupa daftar tugas, tagihan yang tertunda, faktur yang belum dibayar, tiket perjalanan, pemesanan hotel, informasi rapat, tiket klaim, pengingat tindak lanjut, atau catatan lain yang memerlukan tindakan di masa mendatang. Catatan pengingat ini memberikan cara untuk menjadi pengingat kepada seorang individu di masa depan. 

Zaman sekarang, catatan pengingat modern sudah berubah menjadi elektronik dan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi yang diprogram untuk mengingat dan melacak catatan secara otomatis. Jika dulu menggunakan sistem simpel yang menggunakan folder file atau bahkan seluruh ruangan yang penuh dengan lemari arsip berisi catatan pengingat, sekarang catatan dapat menggunakan sistem modern yang dikelola melalui database yang terkomputerisasi.

Cari Istilah Keuangan

×