Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Daftar Hitam - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Daftar Hitam merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Daftar Hitam walaupun mungkin kita pernah memakainya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Disini kita akan membahas Daftar Hitam yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Daftar Hitam biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Bank Indonesia, Analisis Kredit dan Otoritas Jasa Keuangan.

Definisi Daftar Hitam

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Daftar Hitam / daf·tar hi·tam / n daftar nama orang atau organisasi yang dianggap membahayakan keamanan atau daftar nama orang yang pernah dihukum karena melakukan kejahatan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Daftar nama nasabah perseorangan atau perusahaan yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan bank dan masyarakat, misalnya seseorang atau perusahaan yang melakukan penarikan cek kosong (black list).

Simak penjelasan tentang Daftar Hitam lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Daftar Hitam.

Apa Itu Daftar Hitam?

Dalam konteks keuangan, daftar hitam adalah daftar yang dibuat oleh Bank Indonesia jika seorang nasabah melakukan penarikan cek kosong. Nama mereka akan dicatat dalam Daftar Hitam Nasional (DHN). Jika tercatat dalam DHN, maka nasabah tersebut terkena sanksi penutupan rekening, atau bahkan bisa dituntut tindakan pidana.

Kini, masyarakat lebih familiar dengan BI Checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang mencatat data para debitur yang bermasalah. SLIK merupakan suatu sistem yang dapat mengumpulkan berbagai informasi mengenai fasilitas kredit yang dilaporkan secara rutin dari beberapa lembaga keuangan. SLIK dapat mengetahui informasi dan profil dari calon nasabah yang akan mengajukan kredit, apakah nasabah tersebut menunggak pada bank lainnya atau tidak.

Cari Istilah Keuangan

×